Senin, 25 Oktober 2010

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Terjadinya School Phobia Pada Anak Pra Sekolah Di Taman Kanak-Kanak

School phobia adalah keadaan dimana anak takut untuk pergi ke sekolah yang disebabkan oleh banyak hal, diantaranya pengaruh orang tua dalam bentuk pola asuh yang digunakan untuk mendidik dan membimbing anak. School phobia bila tidak teratasi dapat menyebabkan terganggunya perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap terjadinya school phobia pada anak pra sekolah di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Lowokwaru Malang. Rancangan penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan data secara purposive sampel dengan jumlah 19 orang tua dari 19 anak yang mengalami school phobia. Hasil penelitian didapatkan data pola asuh demokratis cenderung mrnyebabkan subtantial school phobia yaitu 85,7%, dan pola asuh otoriter cenderung menyebabkan acute school phobia.Hasil analisis dengan menggunakan chi-square test pada SPSS for window 10 taraf signifikasi 95% (a= 0,05) didapatkan p-value = 0,027, sehingga p-value lebih kecil dari a yang berarti bahwa ada hubugan antara pola asuh orang tua terhadap terjadinya school phobia pada anak pra sekolah di Taman Kanak-Kanak kecamatan Lowokwaru Malang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar penyudsunan program sosialisai peran orang tua dalam mewujudkan optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu diharapkan ada peneliti lanjutan tentang pengaruh teman sebaya pada perkembangan sosial anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More